Blog dr.Eki

Kalium Turunkan Tekanan Darah

Posted on: Oktober 5, 2008

Penelitian menunjukkan bahwa menaikkan kadar kalium dalam diet, dapat menurunkan resiko terjadinya tekanan darah tinggi dan dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Dr. Mark C. Houston, dari Vanderbilt University School of Medicine dan Dr. Karen J. Harpa dari Harper Medical Communications, Inc. di Nashville, menunjukkan bahwa asupan kalium yang sehat menjadi alasan mengapa para vegetarian, dan masyarakat yang hidup terisolasi (pedalaman) memiliki risiko penyakit jantung sangat rendah.

Mereka mencatat, masyarakat pedalaman yang mengkonsumsi diet rendah sodium, konsumsi sayur-mayur dan buah-buahan yang tinggi, akan berakibat pada tingginya kadar kalium. Sehingga kejadian hipertensi hanya 1 persen dari populasi. Sebaliknya, pada masyarakat industri yang mengkonsumsi diet tinggi makanan olahan dan sejumlah besar diet sodium, 1 dari 3 orang mengalami hipertensi.

Menurut kedua peneliti, diet khas masyarakat Amerika mengandung sodium ganda dan hanya setengah kalium. Maka teka heran tekanan darah tinggi menjadi hal biasa pada orang Amerika. Houston dan Harper merekomendasikan, jika orang Amerika menaikkan asupan kalium, maka penderita tekanan darah tinggi dapat berkurang lebih dari 10 persen. Tahun 2006, American Heart Association mengeluarkan rekomendasi baru yang meminta masyarakat Amerika untuk mendapatkan 4,7 gram kalium per hari.

Menurut Houston dan Harper, setelah penurunan berat badan, peningkatan kalium dan penurunan sodium mungkin pilihan diet yang paling utama dalam mengurangi mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Beberapa studi juga menunjukkan diet yang berisi sedikitnya 500 sampai 1000 mg magnesium sehari dan lebih dari 800 miligram kalsium sehari dapat membantu menurunkan tekanan darah dan resiko terjadinya tekanan darah tinggi. Cara mendapatkan kalium pun tidak sulit. Cukup peningkatan konsumsi sayur-mayur dan buah-buahan, maka tekanan darah bisa diperbaiki dan risiko penyakit jantung dan stroke berkurang.

Sumber : http://www.majalah-farmacia.com/rubrik/one_news.asp?IDNews=902

Tinggalkan komentar

Klik tertinggi

  • Tidak ada